Henri Selmer Paris

Pada tahun 1885 setelah lulus dari Conservatoire de Paris, Henri Selmer mulai membuat reeds, mouthpieces, dan klarinet di Paris. Pada tahun 1898, saudara lelaki Henri, Alexandre pergi ke AS dan mulai menjual klarinet ketika ia melakukan tur dengan Boston Symphony Orchestra. Instrumen-instrumen ini akan mendapatkan popularitas di Eropa dan Amerika, memenangkan penghargaan di Pameran Paris 1900 dan di Pameran Dunia St. Louis 1904. Pada tahun 1905, Henri mengambil alih Barbier Company, pembuat flute di Paris.

Pada tahun 1922, Selmer memperkenalkan saksofon pertamanya dengan nama "Seri 22". Merek Selmer terus menumbuhkan kekuatan pada woodwinds. Pada 1931, Selmer Paris mengakuisisi pabrik brass Millereau dan mulai membuat trompet. Belakangan Selmer Paris bahkan akan mulai membuat gitar dalam kemitraan dengan Mario Maccaferri. Tidak sampai dengan saxophone Balanced Action pada 1936 Selmer Paris benar-benar memantapkan posisi mereka sebagai pemimpin dalam desain saxophone. Balanced Action dan Super Action saxophone akan disertakan menjelang pengenalan Mark VI pada tahun 1954.

Antara tahun 1954 dan 1974, Selmer Paris menjual lebih dari seperempat juta unit Mark VI. Bahkan hari ini, itu adalah instrumen 'vintage' yang dipilih oleh para profesional di seluruh dunia. Seiring waktu berubah, begitu pula model Selmer Paris dan Mark VI berevolusi menjadi Mark VII, Super Action 80, Seri II, dan Seri III. Pada tahun 2003, Selmer Paris meluncurkan Reference 54 saxophone yang didasarkan pada feel dan respons Mark VI dengan penyempurnaan intonasi modern.

Saat ini, Selmer Paris adalah produsen terkemuka dan instrumen pilihan klarinet dan profesional saksofon di seluruh dunia. Instrumen terus kerajinan tangan di Paris dengan generasi keempat anggota keluarga Selmer memimpin perusahaan.

Related Products