Musser

Clair Omar Musser adalah performer marimba berbakat, konduktor, composer, dan desainer marimba. Dia bahkan pernah dilatih sebagai teknisi bandara. Pada tahun 1930, dia menjadi kepala teknisi dan desainer untuk JC Deagan Mallet Instrument Company dan di tahun 1948, ia berhenti dan memulai Musser Mallet Company di area Chicago.

Musser membuat desain Vibraphone modern dan memperluas line ke marimba, xylophone, chime, dan orchestra bell. Ini akan berkembang menjadi perusahaan mallet instrument paling dominan di dunia.

Pada tahun 1956, Musser menjual bisnisnya ke Lyons Band di Chicago. Beberapa tahun kemudian dijual ke Dick Richardson yang membangun perusahaan lebih jauh dengan bekerja sama dengan Ludwig Drum Company untuk mendistribusikan produk melalui tim sales yang sama. Selama era ini, jazz vibe legend Lionel Hampton menjadi pengaruh utama untuk Musser Company.

Tahun 1965, Ludwig mendapati Musser membuat perusahaan “Total Percussion” dengan mallet instrument dan drum. Memperkenalkan artis seperti Gary Burton dan mengangkat brand Musser ke level baru yang lebih tinggi.

Dengan kekurangan potensi dari rosewood yang digunakan dalam membuat bar untuk xylophone dan marimba di tahun 70-an, Musser menjadi pengembang synthetic bar material pertama yang dibuat Kelon®, campuran khusus pada fiberglass strand. Inovasi ini memungkinkan instrumen untuk digunakan di luar elemen cuaca pada drum corp dan marching band.

Di tahun 1981, Ludwig Musser dijual ke Selmer Company. Produksi Musser mallet instrument terus dibuat di LaGrange, Illinois di luar Chicago sampai tahun 2013 ketika produksi berpindah ke Elkhart, Indiana. Sekarang Musser dikenal sebagai pilihan “sound” oleh professional.

Related Products