Selmer


Sejarah Selmer Company berawal dari tahun 1800 bersama saudaranya, Alexandre dan Henri Selmer yang lulus dari Conservatoire de Paris. Di tahun 1885, Henri mulai membuat reed, mouthpiece dan klarinet di Paris. Kemudian Alexandre Selmer pindah ke Amerika Serikat menjadi peserta pemain klarinet untuk Boston Symphony. Klarinet Selmer terus berkembang bahkan di tahun 1904 menerima medali emas di World’s Fair di St Louis. 

Di tahun 1909, Alexandre pindah ke New York City sebagai peserta dari New York Philharmonic. Sepanjang pertunjukkannya, dia membuka toko retail Selmer di keramaian kota New York dengan mengajar dan perbaikan. George Bundy mulai bekerja di toko di bawah bimbingan Alexandre Selmer.

Di tahun 1911, Alexandre kembali ke Paris untuk mengurus bisnis keluarga, mennyerahkan usahanya di US di tangan George Bundy. Bundy memperluas bisnisnya melalui penjualan gabungan dan mendistribusikan instrumen dari perusahaan lainnya seperti Vincent Bach, Martin, Ludwig, dan Musser. 

Di tahun 1920, Bundy mulai memasuki area produksi flute. Dengan merekrut George Haynes, dia mulai beroperasi di Boston di bawah nama “Original Haynes” dan “Master Flute”. Di awal tahun 1920, Bundy memindahkan pengoperasiannya ke Elkhart, Indiana dalam pencarian pekerja yang kuat. Dengan produksi dari C.G. Conn di Elkhart yang dikenal sebagai “Band Instrument City of the World.” Di akhir tahun 1920, sebagai respon pertumbuhan permintaan flute, Bundy merekrut seniman flute muda, Kurt Gemeinhardt dari Jerman untuk bekerja dengannya.


Di akhir tahun 1920, Bundy membeli bisnis orang Amerika dari Selmer bersaudara, sambil mengurus distributor eksklusif produk Henri Selmer Paris di US. Di tahun 1948, Selmer sukses memproduksi plastik klarinet pertamanya yang diberi nama Bundy Resonite 1400. Klarinet dibentuk setelah klarinet Selmer Paris BT terkenal digunakan oleh artis terkemuka seperti Benny Goodman. Klarinet membangun reputasinya dengan harga yang terjangkau serta kualitas yang tinggi dan di tahun 1978, terjual lebih dari satu juta unit.

Perusahaan Selmer terus memperoleh pengakuan dari brand dan pembuat instrumen legendaris lainnya seperti Vincent Bach, Buescher, Glaesel, Ludwig, Musser, Emerson, dan William Lewis & Son.

Related Products